Inovasi Digital: Pelindo Banten Dorong Transformasi Pelayanan Kapal Lewat Sistem Phinnisi

Hariannet.co.id, CILEGON — PT Pelindo Regional 2 Banten menggelar kegiatan Sosialisasi Sistem Phinnisi, sebuah inovasi digital dalam sistem operasi layanan kapal yang dikembangkan oleh Pelindo. Inisiatif ini bertujuan mendukung konektivitas antar pelabuhan dan meningkatkan sinergi dalam ekosistem logistik nasional, demi mempercepat dan meningkatkan efisiensi arus barang. Kamis (22/05/25)

Phinnisi merupakan sistem operasi layanan kapal end-to-end yang menjadi salah satu pilar dalam mendukung tercapainya National Logistics Ecosystem (NLE) yang diinisiasi oleh pemerintah. Dengan jaringan yang terpusat dan terintegrasi, Phinnisi menghadirkan transformasi menyeluruh dalam proses bisnis layanan kapal di pelabuhan. Melalui fitur lengkap—mulai dari Order Management, Billing, hingga Reporting—Phinnisi menyatukan seluruh proses bisnis dalam satu platform digital, mempercepat siklus layanan dari Order-to-Cash hingga Record-to-Report.

“Phinnisi bukan hanya solusi digital, tapi sebuah langkah nyata transformasi layanan pelabuhan yang mendukung efisiensi arus barang dan mencegah praktik pungli,” ujar Benny Ariadi, General Manager PT Pelindo Regional 2 Banten, saat membuka acara sosialisasi yang berlangsung selama dua hari, pada 21–22 Mei 2025 di Gedung Banten Center.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan di industri kepelabuhanan, termasuk Deni Warsidik (KSOP Kelas I Banten), Juhri Ariansyah (Ketua DPW ISAA Banten), jajaran manajemen Pelindo Group wilayah Banten, serta sekitar 103 perwakilan dari agen pelayaran.

Dalam kesempatan tersebut, para peserta mendapatkan paparan mendalam mengenai mekanisme operasional serta keunggulan berbagai fitur sistem Phinnisi, seperti kemudahan akses, efisiensi waktu, dan standarisasi layanan. “Dengan sistem ini, pengelolaan layanan kapal menjadi lebih luas, tersentralisasi, dan transparan, yang pada akhirnya akan meningkatkan performa pelabuhan secara nasional,” ungkap Deni Warsidik dari KSOP Kelas I Banten.

Pelindo berkomitmen untuk terus mengakselerasi digitalisasi layanan di seluruh wilayah operasionalnya. Penerapan sistem Phinnisi sendiri telah dimulai secara bertahap di seluruh regional Pelindo (1, 2, 3, dan 4), sebagai bagian dari empat pilar strategis perusahaan dalam mewujudkan pelabuhan Indonesia yang modern, efisien, dan kompetitif.

Melalui kegiatan sosialisasi ini, Pelindo berharap para pengguna jasa pelabuhan dapat memahami serta mengoptimalkan penggunaan sistem Phinnisi guna menciptakan ekosistem kepelabuhanan yang semakin profesional, bersih, dan terintegrasi.(Hamzah)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *